Rabu, 29 Juni 2011

manajemen stress


Ada 3 sumber utama bagi stress, yaitu : 
1.  Lingkungan ~ lingkungan kehidupan memberi  berbagai tuntutan penyesuaian diri seperti antara lain 
- Cuaca, kebisingan, kepadatan,
- Tekanan waktu, standard prestasi, berbagai ancaman terhadap rasa aman dan  harga diri
 - Tuntutan hubungan antar pribadi, penyesuaian diri dengan teman, pasangan,  dengan perubahan keluarga  

2.   Fisiologik  ~  dari tubuh kita
 -   Perubahan kondisi tubuh: masa remaja; haid, hamil, meno/andropause, proses menua,  kecelakaan, kurang gizi, kurang tidur >tekanan terhadap tubuh
-  Reaksi tubuh : reaksi terhadap ancaman & perubahan lingkungan  mengakibatkan  perubahan pada tubuh kita, menimbulkan stress.

3.  Pikiran kita ~  pemaknaan diri dan lingkungan
Pikiran menginterpretasi dan menerjemahkan pengalaman perubahan dan menentukan kapan menekan tombol panik. Bagaimana kita memberi makna/label pada pengalaman dan antisipasi ke depan, bisa membuat kita relax atau stress.

Menurut Selye (1984) , stress bisa dibedakan atas dasar sifat stressornya,  apakah peristiwa negative, disebut ’distress’;  tetapi bisa juga stress diakibatkan peristiwa positif, misalnya tiba-tiba mendengar mendapat undian, atau hadiah besar yang tak terduga, dalam hal ini stressnya disebut ‘Eustress’ 

Lebih lanjut, sumber stressor tersebut bisa dibedakan dalam 3 bagian berdasarkan peluang penanganannya, yakni :  Pertama,  Stressor yang penanganannya hanya membutuhkan  sedikit upaya seperti misalnya kebiasaan belajar;  waktu bangun pagi, diet, dst dimana upaya menanganinya dengan cara memgubah kebiasaan, membiasakan kebiasaan baru, maka  dalam waktu satu-dua minggu dapat berubah.  
Kedua, Stressor yang untuk menanganinya membutuhkan  upaya yang lebih sungguh-sungguh, seperti contohnya  soal kepercayaan diri, persoalan hubungan,dst, dimana diperlukan bantuan teknikal untuk menanganinya, seperti ‘percakapan kalbu’, skill komunikasi, manajemen konflik, dst.
Ketiga, stressor yang memang tidak dapat ditangani sepeti kematian orang yang dikasihi. Maka penanganannya, perlu belajar berdamai dengan diri menerima kenyataan tersebut, lalu diatasi dengan relaksasi, dan upaya spiritual.

Melihat kemungkinan sumber stressor di atas , maka setiap orang potensial untuk mengalami stress. Namun demikian, ada kelompok orang yang lebih mudah terkena stress (type kepribadian A), ada juga kelompok lain yang lebih memiliki ketahanan terhadap stress (type kepribadian B)  Selanjutnya, di kalangan mahasiswa yang banyak menjadi sumber stressor antara lain sebagai berikut:  Tuntutan untuk sukses; persoalan finansial, persoalan relasi~hubungan, persoalan penggunaan waktu dan pergeseran nilai-nilai.

Lebih jauh bisa kita simpulkan bahwa setiap orang bisa mengalami stress, sesekali stress dalam kehidupan merupakan ‘bumbu’ hidup dinamis, akan tetapi apabila terjadi stress yang sering dengan fluktuasi yang besar, maka sudah perlu mendapat perhatian khusus, artinya sudah perlu lebih serius menanganinya

Selama pikiran tidak menghentikan pengiriman tanda bahaya ke otak, mekanisme Stress ini berjalan terus. Belakangan ini sejumlah  penelitian paduan bidang psikologi dan syaraf (Goleman, 2007) menemukan bahwa  otak manusia memiliki banyak  neuron mirror  yang bekerja otonom menangkap signal pada saat kita ber- interaksi sosial, kemudian membangun (set-up) sistem sirkuit yang sesuai dengan bacaannya.  Dengan perkataan lain, meskipun secara mental kita bisa melakukan adjustment, tubuh secara otonom melakukan mekanisme pertahanan atau perlindungan sesuai bacaan neuron mirror. 

Tidak ada komentar: