Minggu, 24 April 2011

arti manajemen


Bila mempelajari literatur manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung tiga pengertian, yaitu pertama, manajemen sebagai suatu proses, kedua, manajemen sebagai kolektivitias orang yang melakukan aktivitas manajemen, dan ketiga manajemen sebagai suatu seni (art) dan sebagai suatu ilmu.
Pengertian manajemen sebagai suatu proses, berbeda-beda definisi yang diberikan oleh para ahli, yaitu:
1.      Dalam Encyclopedian of the Science dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dengan pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
2.      Haiman menyatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengevaluasi usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.
3.      George R. Terry menyatakan bahwa manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
Menurut pengertian yang kedua, manajemen adalah kolektivitas orang melakukan aktivitas manajemen, dengan kata lain, segenap orang melakukan aktivitas manajemen dalam suatu badan tertentu disebut manajemen.
Manajemen sebagai seni berfungsi mencapai tujuan nyata mendatangkan hasil atau manfaat, sedangkan manajemen sebagai ilmu berfungsi menerangkan fenomena dan gejala, kejadian, keadaan, jadi memberikan penjelasan.
Dari berbagai definisi  diatas, manajemen dapat diartikan sebagai seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. (Manullang, 2004:3-5)

Tidak ada komentar: