Selasa, 19 April 2011

Ruang Lingkup manajemen


Ruang lingkup manajemen

§ Pemasaran : Disiplin Ilmu Universal
§ Tiga Prinsip Pemasaran
§ Ruang Lingkup Pemasaran Global
§ Orientasi Manajemen
§ Integrasi dan Pemasaran Global: Kekuatan Pendorong dan Penghambat
§ Ringkasan

   Two Quotes
   Saling ketergantungan pada sarana elektronik, menciptakan dunia ini dalam gambaran sebuah perkampungan dunia (Marshal H. McLuhan, The Medium is the Message, 1967).

Globalisasi harus diterima sebagai kenyataan yang tidak bisa ditolak. Hanya ada satu standar kesuksesan perusahaan : pangsa pasar internasional (Jack Welch, CEO GE, 1994).

PENGANTAR

Perhatikan sekeliling anda, atau mungkin pada anda sendiri; dari mana asal produk di sekitar anda ?
Ingris telah terlibat dalam perdagangan internasional pada pertengahan abad 19 dan makin diperluas setelah PD-2
Sampai dua dekade yang lalu, pemasaran global belum dikenal
Saat ini, pemasaran internasional : sarana untuk bertahan hidup & memanfaatkan pertumbuhan
Sebuah perusahaan yang gagal menglobal akan beresiko kehilangan bisnis domestik
Apa yang dimaksud dengan PEMASARAN GLOBAL ? Apa bedanya dengan PEMASARAN “UMUMNYA“ ?

BEBERAPA PENGERTIAN

Pemasaran : serangkaian kegiatan yang menjurus pada suatu transaksi pertukaran antara seorang penjual dan pembeli atas dasar peralihan laba (WJK dkk, Marketing)
Kegiatan pemasaran : berpusat pada upaya perusahaan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan akan produk yang menawarikan nilai berdaya saing
Bauran pemasaran: sarana utama pemasar
Pemasaran : disiplin yang universal yang dapat diterapkan dimana saja; dari Australia sampai Zanzibar (A to Z).

PEMASARAN : DISIPLIN YANG UNIVERSAL

Pemasaran : proses mengkonsentrasikan berbagai sumber daya organisasi terhadap kesempatan dan kebutuhan lingkungan.
Pemasaran : kumpulan konsep, sarana, teori, kebiasaan dan prosedur serta pengalaman yang dapat diajarjan dan dapat dipelajari.
Walaupun bersifat universal, kebiasaan pemasaran bervariasi antar negara

KONSEP PEMASARAN

Konsep awal pemasaran berfokus pada produk dengan tujuan laba dan dicapai dengan cara menjual.
Konsep baru beralih dari produk ke pelanggan, tujuan tetap laba tetapi cara mencapainya mencakup seluruh bauran pemasaran. Kepuasan dan Loyalitas
Konsep Stragetis : memperhatikan lingkungan eksternal yang lebih luas

TIGA PILAR PEMASARAN

Nilai Pelanggan : bgmana menciptakan nilai pelanggan yang lebih besar dari nilai yang diciptakan oleh pesaing
Nilai = Manfaat/Harga
Keunggulan Kompetitif : penawaran total yg lebih menarik pelanggan
Fokus : pada sumberdaya untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan

PEMASARAN GLOBAL

Dasar keberhasilan Pemasaran Global : pemahaman mendalam akan disiplin pemasaran (proses mengkonsentrasikan berbagai sumber daya organisasi terhadap kesempatan dan kebutuhan lingkungan)
Fakta : pemasaran bersifat universal, tapi, kebiasaan pemasaran bervariasi antar negara. Pengalaman suatu negara tidak serta-merta dapat diterapkan di negara lain
Keberhasilan pemasaran global sangat tergantung pada kemampuan menjadi “orang dalam”
Kemampuan “lokalisasi global” = kemampuan menjadi “orang dalam”(Think globally, act locally)
Pemasaran global tidak berarti masuk ke setiap negara
Keputusan untuk masuk ke pasar global: sumberdaya, pemikiran manajerial, peluang dan ancaman
Sebuah perusahaan yang gagal menglobal akan beresiko kehilangan bisnis domestik

DUNIA TANPA BATAS : THE BORDLESS WORLD- 5Cs

Company
Customer
Competition
Currency
Country

TAHAPAN DAN ORIENTASI PEMASARAN PERUSAHAAN

Perusahaan Domestik  memfokuskan orientasi dan strateginya pada pasar, pemasong dan pesaing domestik
Perusahaan Internasional : melayani pasar domestik di negara sendiri dan pasar nasional di negara lain (Etnocentric)
Perusahaan Multinasional : menjual produknya ke banyak negara dan setiap negara diperlakukan secara berbeda (Policentric)
Perusahaan Global/Transnasional : menganggap dunia sebagai satu pasar; pasar dunia bergerak ke arah seragam (Geocentric)

Tidak ada komentar: