Ruang lingkup manajemen
§ Pemasaran : Disiplin Ilmu Universal
§ Tiga Prinsip Pemasaran
§ Ruang Lingkup Pemasaran Global
§ Orientasi Manajemen
§ Ringkasan
Two Quotes
Saling ketergantungan pada sarana elektronik, menciptakan dunia ini dalam gambaran sebuah perkampungan dunia (Marshal H. McLuhan, The Medium is the Message, 1967).
Globalisasi harus diterima sebagai kenyataan yang tidak bisa ditolak. Hanya ada satu standar kesuksesan perusahaan : pangsa pasar internasional (Jack Welch, CEO GE, 1994).
PENGANTAR
Perhatikan sekeliling anda, atau mungkin pada anda sendiri; dari mana asal produk di sekitar anda ?
Ingris telah terlibat dalam perdagangan internasional pada pertengahan abad 19 dan makin diperluas setelah PD-2
Sampai dua dekade yang lalu, pemasaran global belum dikenal
Saat ini, pemasaran internasional : sarana untuk bertahan hidup & memanfaatkan pertumbuhan
Sebuah perusahaan yang gagal menglobal akan beresiko kehilangan bisnis domestik
Apa yang dimaksud dengan PEMASARAN GLOBAL ? Apa bedanya dengan PEMASARAN “UMUMNYA“ ?
BEBERAPA PENGERTIAN
Pemasaran : serangkaian kegiatan yang menjurus pada suatu transaksi pertukaran antara seorang penjual dan pembeli atas dasar peralihan laba (WJK dkk, Marketing)
Kegiatan pemasaran : berpusat pada upaya perusahaan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan akan produk yang menawarikan nilai berdaya saing
Bauran pemasaran: sarana utama pemasar
Pemasaran : disiplin yang universal yang dapat diterapkan dimana saja; dari Australia sampai Zanzibar (A to Z).
PEMASARAN : DISIPLIN YANG UNIVERSAL
Pemasaran : proses mengkonsentrasikan berbagai sumber daya organisasi terhadap kesempatan dan kebutuhan lingkungan.
Pemasaran : kumpulan konsep, sarana, teori, kebiasaan dan prosedur serta pengalaman yang dapat diajarjan dan dapat dipelajari.
Walaupun bersifat universal, kebiasaan pemasaran bervariasi antar negara
KONSEP PEMASARAN
Konsep awal pemasaran berfokus pada produk dengan tujuan laba dan dicapai dengan cara menjual.
Konsep baru beralih dari produk ke pelanggan, tujuan tetap laba tetapi cara mencapainya mencakup seluruh bauran pemasaran. Kepuasan dan Loyalitas
TIGA PILAR PEMASARAN
Nilai Pelanggan : bgmana menciptakan nilai pelanggan yang lebih besar dari nilai yang diciptakan oleh pesaing
Nilai = Manfaat/Harga
Keunggulan Kompetitif : penawaran total yg lebih menarik pelanggan
PEMASARAN GLOBAL
Dasar keberhasilan Pemasaran Global : pemahaman mendalam akan disiplin pemasaran (proses mengkonsentrasikan berbagai sumber daya organisasi terhadap kesempatan dan kebutuhan lingkungan)
Fakta : pemasaran bersifat universal, tapi, kebiasaan pemasaran bervariasi antar negara. Pengalaman suatu negara tidak serta-merta dapat diterapkan di negara lain
Keberhasilan pemasaran global sangat tergantung pada kemampuan menjadi “orang dalam”
Kemampuan “lokalisasi global” = kemampuan menjadi “orang dalam”(Think globally, act locally)
Pemasaran global tidak berarti masuk ke setiap negara
Keputusan untuk masuk ke pasar global: sumberdaya, pemikiran manajerial, peluang dan ancaman
Sebuah perusahaan yang gagal menglobal akan beresiko kehilangan bisnis domestik
DUNIA TANPA BATAS : THE BORDLESS WORLD- 5Cs
Company
Customer
Competition
Currency
Country
TAHAPAN DAN ORIENTASI PEMASARAN PERUSAHAAN
Perusahaan Domestik : memfokuskan orientasi dan strateginya pada pasar, pemasong dan pesaing domestik
Perusahaan Internasional : melayani pasar domestik di negara sendiri dan pasar nasional di negara lain (Etnocentric)
Perusahaan Multinasional : menjual produknya ke banyak negara dan setiap negara diperlakukan secara berbeda (Policentric)
Perusahaan Global/Transnasional : menganggap dunia sebagai satu pasar; pasar dunia bergerak ke arah seragam (Geocentric)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar