Kamis, 27 Oktober 2011

tingkat organisasi kehidupan



Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.

Kompetensi Dasar:

Mendepskrisikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, berdasarkan interpretasi hasil kegiatan.

 SEL

Setiap makhluk hidup tersusun dari bagian-bagian terkecil yang masing-masing bagian memiliki fungsi tertentu untuk dapat menunjang kehidupannya. Bagian terkecil ini disebut Sel.

Jadi, Sel adalah unit atau satuan struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup.
Berdasarkan jumlah sel penyusunnya,makhluk hidup dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
Bersel satu (uniseluler)
Bersel banyak (multiseluler)

Bagian-bagian sel:
  1.  Memberan sel,

  • bagian luar sel yg melindungi sel
  • berfungsi mengatur keluar masuknya zat
  • bersifat semipermeabel (hanya dpt dilalui oleh air)
  • Terdapat pada sel hewan dan tumbuhan


  1. Sitoplasma

Cairan kental yg berada di antara membran sel dan inti sel
Terdapat vakuola dan organel sel di dalamnya (badan golgi, riboson, reticulum endoplasma, dan sentrosom pada hewan,  plastida pada tumbuhan)
Jarang ditemukan pada hewan multiseluler

  1. Inti sel (Nukleus)

Umumnya berbentuk bulat atau lonjong
Terletak agak di tengah sel
Berfungsi sbg pusat pengatur seluruh kegiatan sel
Di dalamnya terdapat plasma yg disebut nukleoplasma. Di dalam inti sel terdapat kromosom yg mengandung gen (DNA)
Terdapat pada sel hewan dan tumbuhan
Sel tumbuhan dan sel hewan memiliki beberapa perbedaan, antara lain:

Dengan alat dan teknik kimia pun, struktur sub selular (organel) ini dapat dipisahkan lagi menjadi makro molekul, molekul yang lebih sederhana, bahkan hingga atom-atom (proton, neutron, dan elektron) yang membangunnya.

Telah diketahui bahwa salah satu ciri yang paling khas pada organisme hidup adalah bahwa organisme dibangun oleh molekul yang mengandung atom karbon (C = carbon), hidrogen (H), dan oksigen (O). Kimia senyawa-senyawa karbon itu selanjutnya disebut Kimia Organik. Batuan (benda mati) dapat juga terjadi dari atom-atom karbon tetapi hanyalah jika proses kehidupan telah menjadi batuan fosil. Namun organisasi atom dan molekul dalam organisme hidup jauh lebih dinamik dari pada yang terdapat dalam benda mati seperti batuan.


Tubuh organisme hidup tersusun atas molekul organik, yaitu molekul yang mengandung atom karbon (C), hidrogen (H), dan aksigen (O). Molekul organik ini ada 4 macam atau golongan yaitu:
Molekul lipid. Molekul ini mengandung sejumlah besar atom karbon, hidrogen, serta oksigen, dan kadang kala ditambah Nitrogen dan Posfor. Di dalam sel terdapat bermacam jenis lipid, diantaranya adalah lemak, fosfolipid dan steroid. Lemak, baik lemak jenuh (yang berasal dari hewan) maupun lemak tak jenuh (yang berasal dari minyak tumbuhan) merupakan sumber cadangan energi bagi organisme hidup. Fosfolipid merupakan bagian penting penyusun membran sel. Perhatikan gambar 3 mengenai struktur membran sel. Steroid misalnya kolesterol merupakan bahan baku pembuatan garam-garam empedu, vitamin D dan beberapa hormon (estrogen, progesteron, dan testosteron). Garam-garam empedu penting untuk mengemulsi lemak agar lemak yang kita makan dapat tercerna dan terserap usus kita. Bila kadar kolesterol dalam darah berlebihan akan menjadi penyebab utama peyakit jantung koroner (penyumbatan pembuluh nadi tajuk atau arteri koronaria).

Tingkat organisasi kehidupan biologi is Jawaban Terbaik: Struktur organisasi kehidupan dimulai section kehidupan kecil disebut sel. Sel-sel sama struktur fungsinya bergabung membentuk Tempat mencari ilmu, Belajar Biologi, Tumbuhan, Hewan Para ahli biologi mempelajari tingkat-tingkat organisasi selama berabad-abad. Biologi (Organisasi kehidupan ) - A PowerPoint display Slide 1: Disusun Oleh : DINI SOPIYANAH BIOLOGI 2 A BIOLOGI ITC Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka Ilmu bologi ilmu mempelajari segala hal berhubungan makhluk hidup kehidupan. Yang dibahas ilmu biologi tidak lain silabus. silabus kegiatan pembelajaran . sekolah : madrasah aliyah negeri male – indication singkawang . mata pelajaran : biologi. kelas/semester : (sepuluh)

tingkat organisasi kehidupan biologi Kehidupan (bdk. biota) ciri membedakan objek memiliki isyarat proses penopang diri (organisme hidup) objek tidak memilikinya, baik Taruna Nusantara (biasa disebut Tarnus TN) sebuah Sekolah Menengah Atas berasrama terletak Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Madrasah Aliyah Negeri (disingkat MAN) 3 Kediri sekolah setaraf SMA bawah naungan Kementerian Agama Indonesia terletak Jalan Letjend Soeprapto Nomor 58 Keanekaragaman hayati biodiversitas (Bahasa Inggris: biodiversity) istilah pembahasan mencakup bentuk kehidupan, secara ilmiah Hewan binatang kelompok organisme diklasifikasikan kerajaan Animalia Metazoa, salah satu berbagai makhluk hidup bumi.

Tidak ada komentar: